Teknologi Informasi

Rabu, 23 Juli 2014

Software Antivirus Lokal

By on 19.25

Software Antivirus Lokal (Made In Indonesia )

1. Smadav

smadavjpg

Smadav adalah antivirus untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebarluas.

Smadav 2013 Rev. 9.2 : Penambahan database 229 virus baru, Support untuk Windows 8 (Smadav dapat digunakan di Windows XP/Vista/7/8), Perubahan tampilan, dsb.

Fitur Antivirus Smadav :

1.Versi Free: Tidak seperti fitur Pro

2. Versi Pro : Update otomatis online, scanning 10x lebih cepat , exception list , resize tampilan , Warna tema bisa di ganti , Pengaturan bahasa , Izin penggunaan profit , password admin
3. Mendeteksi dan menghapus virus
4. Perbaikan Registry Windows
5. Unhide folder/file
6. Remove Unknown Virus Added by user
7. Dapat diupdate.
Silahkan yang belum punya Antivirus Smadav download di sini
2. PCMAV (PC Media Antivirus)
pcmavjpeger
Antivirus yang dibuat dan dikembangkan oleh majalah PC Media dapat diperoleh dengan membeli majalah PC Media include CD/DVD PC Media atau di unduh lewat internet , bagi yang belum memiliki PCMAV silahkan download di sini
Download PCMAV 8.5 Raptor merupakan PCMAV rilis terbaru saat ini. Pada PCMAV 8.5 telah dilakukan berbagai penyempurnaan dan penambahan database pada engine terbaru saat ini. Berikut ini apa yang terbaru:
APA YANG BARU/CHANGE LOG?
  1. UPDATED! Ditambahkan database pengenal dan pembersih 38 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 6814 virus beserta variannya.
  2. FIXED! Perbaikan error “Invalid argument to date encode” saat melakukan proses scan.
  3. FIXED! Perbaikan tampilan yang tidak ter-load penuh saat menampilkan PCMAV melalui menu Open Windows.
  4. FIXED! Perbaikan bug pada komponen pilihan lokasi scan saat melakukan proses scan.
  5. FIXED! Perbaikan pendeteksian virus Vobfus sehingga pendeteksian lebih akurat.
  6. IMPROVED! Optimalisasi proses scan sehingga melakukan scan file non-executable lebih cepat.
  7. IMPROVED! Perubahan nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
  8. IMPROVED! Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV tetap menjadi antivirus kebanggaan Indonesia.
3. ANSAV
ansav
Ansav antivirus lokal yang satu ini cukup ringan buat PC maupun Laptop tersedia dalam  versi Portable atau versi yang dapat di install di PC.
Fitur Antivirus Ansav:
1. Scanning File Lebih Cepat
2. Perbaikan Registry
3. Hidden Revealer ( Restore Hidden Files)
4. Pemilihan Themes Ansav
5. Tersedia dalam beberapa bahasa : Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia , Bahasa Jawa , Bahasa Palembang.
6. Dapat diupdate Online maupun offline, dll.
Bagi yang belum memiliki antivirus ANSAV silahkan download di sini
4. Morphost Antivirus
Morphost versi 8
Morphost Antivirus Lokal dipersembahkan untuk Indonesia 
Morphost antivirus lokal ini bersifat gratis ataupun freeware dan tidak ada garansi selama penggunaan antivirus lokal ini. Morphost merupakan antivirus lokal buatan Indonesia yang sengaja diciptakan untuk pemberantasan malware lokal khususnya worm lokal secara tuntas. Morphost Antivirus fokus terhadap semua malware baik itu lokal maupun non lokal yang membandel di Indonesia, dan terlebih lagi pada file-file yang terinfeksi virus impor. Dalam hal ini Morphost lebih mengutamakan pencegahan dan perlindungan virus impor terhadap komputer/laptop Indonesia. 
Antivirus lokal ini menggunakan bahasa pengantar Indonesia untuk kemudahan penggunaan dan tampilan yang sederhana ataupun tidak rumit. Tentunya user akan lebih mudah beradaptasi ataupun menggunakan Morphost Antivirus lokal ini.
Fitur Antivirus Morphost :
  • Morphost Versi 8 mampu deteksi virus Impor/Internasional.
  • Morphost Expert Plus lebih cepat daripada Morphost Versi 7 ke bawah. 
    Hal ini sudah kami uji dengan pembandingan Morphost terbaruyang satu ini dengan Morphost-morphost yang lama. Selain itu kami juga membandingkan kecepatan Morphost ini dengan hampir semua antivirus lokal yang ada. Dan hasil dari pembandingan, kecepatan Morphost Versi 8 jauh di atas nilai rata-rata kecepatan antivirus lokal.
  • Database Morphost sangat ringan
  • Morphost menggunakan Metode Pendeteksian yang baru 
    Metode pendeteksian yang dipakai Morphost tergolong masih baru dan ampuh. Kami sebut baru karena masih belum ada antivirus lokal lain yang memakai teknik tersebut. Salah satu metode scanning yang dipakai Morphost adalah dengan HiddenSignature yang cukup akurat untuk mendeteksi varian-varian baru dari varian virus lama. Selain itu metode lainnya adalah heuristik dengan pemeriksaan rutin PE setiap file aplikasi. Khusus untuk pemeriksaan PE, telah dikembangkan juga heuristik baru untuk pendeteksian 7 tipe/jenis infeksi umum oleh virus. Metode ini akan saling membantu atau mensupport detektor-detektor virus yang sudah disebut di atas tadi. 
    Metode-metode ini sudah diuji dan tergolong ampuh oleh sekelompok tester-tester pilihan MorphostLab.
  • Bagaimana dengan tools barunya? 
    Sebenarnya tidak banyak penambahan tools di versi baru ini. Tapi ada satu tools yang cukup bagus di versi ini. Anti-Keylogger?! Nah, tools ini bisa anda gunakan untuk mengecek apakah ada keylogger di komputer anda. Sangat cocok digunakan di komputer warnet dan komputer-berbagi.
Bagi yang belum memiliki antivirus Morphost silahkan download di sini
5. Jasakom Antivirus (JasaAV)
jasav
JasaAV atau bisa disebut juga jasakom antivirus adalah antivirus yang dibuat oleh community jasakom dan tentu saja akan disebarluaskan secara gratis. Jasakom Dibuat dengan menggunakan bahasa delphi dan dicompile dengan delphi Compiler juga.
Fitur JasaAV ;
Engine JasaAV : 
Semua antivirus memikili enginenya masing - masing, begitupun dengan JasaAV. JasaAV memiliki engine yang saya namakan dengan JEngine, adapun sedikit tentang JEngine pada JasaAV : 

- Hashing : 
Banyaknya virus yang berkembang dan diiringi peningkatan teknologi yang digunakan virus membuat para developer antivirus kualahan. Tapi karena tingkat teknologi yang berkembang hanya berlaku terhadap advance virus writer maka tingkat tengah sampai pemulah masi menggunakan teknik2 lama, yang dimana hampir 80% pembuat virus di indonesia. inilah alasan kenapa JEngine masi menggunakan teknik hashing dalam pendekteksian virus. Untuk teknik hashing ini JEngine menggunakan teknik md5 dan dipadukan dengan binary tree searching untuk mempercepat pencarian. Dalam pengambilan md5 sebagai base pendekteksian virus JEngine memiliki pilihan yaitu : md5 file ataupun md5 section (pada PE file). 
- Byte Searching : 
Karena kekurangan dari teknik hashing yang mana apabila terjadi perubahan 1 byte saja maka hashpun berubah maka JEngine memiliki feture bytesearching. Bytesearching pada JEngine menggunakan algoritma "Wu Manber" yang dimana Extended Boyer Moore algoritm untuk mendukung multypattern matching. Dengan algoritm inilah maka process pencarian ribuan signature virus pada file hanya membutuhkan waktu yang sedikit, ditambah lagi validasi posisi signature pada file untuk meminimalkan false positif detektion. 
- Database : 
Pada JEngine memiliki 3 jenis database yang dimana adalah md5database, textdatabase, dan pedatabase yang dimana data2nya saat ini sebagian besar diambil dari database clamav. 
- File Support : 
* PE File : 
JEngine Support semua type berformat PE (Portable Executable) seperti exe,dll,sys, dll. 
* Text File : 
JEngine support semua file text yang biasa digunakan oleh malware2 seperti : .vbs,.bat,.js, dll. 
* Zip File : 
JEngine Support scan zip file, yang dimana file - file pada zip tidak perlu di extract melainkan memprocessnya di memori.
Bagi yang belum memiliki antivirus jasaAV silahkan download di sini
Dan masih banyak lagi program Antivirus Lokal yang dikembangkan oleh aanak bangsa indonesia karena source code antivirusnya sudah opensource.
Anda sedang membaca artikel tentang Software Antivirus LokalDengan link di bawah ini sebagai sumbernya..


0 komentar:

Posting Komentar